Tag

,

Ya, sesuai janji saya akan buat tutorial-tutorial buat teman-teman yang selalu setia membaca blog ini :’3

Kali ini mungkin saya akan beri tema Tutorial cover fanfiction. pertama-tama saya akan beri tips tentang typography.

Apa itu Typography ?

Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin. (cr.Wikipedia)

Jadi, typography juga sangat diperlukan dalam membuat sebuah cover, karena peletakan huruf selain memperindah cover juga membuat orang yang melihatnya dapat memahami isi dalam cover tersebut.(cr.me :v)

Baik kita mulai penjelasannya.

  1. Beberapa hal yang dimasukkan dalam sebuah cover FF :
  • Judul (perlu)
  • Nama Author (perlu)
  • Nama Artworker (perlu )
  • Summary / plot / Quotes (perlu)
    mungkin untuk beberapa orang hal ini tidak terlalu diperlukan, karena bisa dijelasin entar pas di ff nya, ada juga yang sengaja biar pembaca penasaran dengan isi ff nya😀, tapi ingat Sum/Plo/Quo ini tidak harus dibuat sepanjang mungkin dalam cover, karena . yah menurut saya agak aneh dan menganggu.
  • Cast / Tokoh dalam FF
    Sama seperti diatas, ada juga author yang tidak menampilkan nama cast nya, karena sepertinya dilihat melalui covernya aja udah ketahuan itu siapa ya :p tapi ini sering dipakai dalam cover FF yang bernuansa film, iya layaknya cover sebuah film pasti dikasih nama cast nya didalam cover nya.
  1. Ketahui jenis font yang akan digunakan dalam FF mu!

Banyak yang masih bingung memilih font untuk ff mereka. FF yang bergenre comedy biasanya menggunakan cover yang simple atau terkesan cerah dan happy, begitu pula dengan font nya. Sebenarnya ini sangat susah untuk dijelaskan, tapi aku harap kalian memahami maksud nya :’D font yang terkesan happy membantu cover ff bergenre yang kusebutkan tadi menjadi senada,

Font yang biasa digunakan :

(judul font sudah tertera digambar)

Needlework-Good

45ceb9cee34229dcb9eb511b13a643be

LT-ChickenhawkA >>Nama font nya LT Chickenhawk

Dll.

FF yang bergenre romance / drama biasanya menggunakan nuansa lembut (kecuali jika romance comedy, pengaturan ini bisa ditepis) genre angst / hurt / comfort biasanya menggunakan nuansa yang redup dan tidak secerah genre comedy / parody. Genre mystery/ horror menggunakan nuansa yang gelap dan tidak terlalu berlebihan pewarnaanya, terkesan simple misalnya hanya menggunakan 1 warna utama seperti hitam, abu-abu, coklat tua dll.

Font yang biasa digunakan :

mademoiselle camille

birds of paradise

chalk hand lettering shaded

Dll.

NOTE : namun pengaturan ini tidak berlaku MUTLAK, alias tidak dapat menjadi referensi utama, mengapa? Ya pada dasarnya font yang digunakan pada ff bergenre mystery dapat juga digunakan pada ff bergenre comedy. Semuanya dapat diatur dengan pemikiran dan cara pandang kamu. So guys, use your imagination and creativity more , it will give you more help.

Website yang sering kukunjungi buat download font : www.Dafont.com

And masih banyak lagi yang bisa kamu temukan di Google :> happy browsing❤

  1. Penempatan

Penempatan tulisan itu semua tergantung kamu, begitu pula ukuran font yang digunakan, warna font, jenis font yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Sebagai contoh saya akan gunakan cover yang dikerjakan ngebut lol.

  • Ingat, beri ruang pada cover mu untuk Judul, nama Author, Artworker, Summary, main cast, dll. Jangan hanya dipenuhi oleh gambar cast nya. Pada keterangan di gambar, bagian yang di arsir putih merupakan bagian yang digunakan untuk menulis dan meletakan kalimat. namun ini juga tergantung bagaimana kamu menyusun gambar main cast pada cover sehingga dapat memberi ruang pada judul, nama Author dll.
    a1
  • A1 menjelaskan bahwa penempatan judul dan Quote berada di bawah dan artwork dibagian tengah, sedangkan bagian atas dibiarkan kosong.
    a2

A2 menjelaskan bahwa penempatan judul dan Quote berada di tengah dan artwork/author dibagian bawah. Untuk pertanyaan kenapa saya biarkan bagian atas kosong ? yah karena akan terkesan aneh (menurut saya), bagian atas dapat terisi kalimat jika cast nya berada di bagian bawah .

a3

  1. Pewarnaan Font

Memilih warna dalam font yang digunakan sangatlah penting, mengapa? Untuk membuat warna terlihat menyatu dengan cover. Pallete (penyeleksian warna dalam banyak area pada visual art atau desain) harus sesuai guys.

Contoh :

Gambar berikut menunjukkan pengambilan pewarnaan yang salah, memang nuansa pada gambar adalah coklat kemerahan. Namun jangan menambahkan warna merah yang terlalu merah seperti ini :v terlihat tidak menyatu dengan cover nya, jika gak tau apa yang cocok buat cover yang ribet pewarnaannya, gunakan warna putih atau hitam (well, tapi tergantung juga sih ya :’v) intinya ini semua memerlukan pemikiran kalian bagaimana caranya warna ini dapat menyatu dengan cover nya.Juga pastikan gelap terang pada font diatur sesuai suasana.

 sala

Namun jangan hanya bergantung pada warna saja, kamu bisa gunakan beberapa pengaturan seperti :

  • PSD colouring, psd colouring bisa didapat di DeviantArt.com (keywords : PSD colouring) atau bisa cek disini hehe >>kumpulan PSD colouring, cara menggunakan psd colouring, dan cara membuat psd colouring.
  • Berkreasi dengan Mode, Opacity, dan Fill . karena susah dijelaskan jadi saya harap kamu bisa coba sendiri :3
    asd
  • Bereksperimen dengan warna, jangan takut salah milih warna. Pikirkan saja apakah sudah sesuai atau belum, dilihat berulang-ulang atau cari refrensi di mana pun.
  1. Latihan terus

Pertama kali bikin cover FF juga pasti gak sebagus harapan, namun jika diulang-ulang pasti bisa dan faham. Sering-sering liat refrensi cover di film, drama, atau cover ff lain (tapi jangan di trace cover nya yah D:), gak perlu tiap bikin ff kemudian baru bikin cover dan latihan ngedit, bisa aja kamu ngarang judul, main cast dll nya sembarangan terus dijadiin cover :v

Yah itulah tadi tutorial sederhana dari saya, tutorial yang lain sedang dalam proses harap bersabar yah ^u^)/ semoga membantu. Maaf jika ada kesalahan, jika ada yang gak dipahami atau kritik dan saran silahkan tinggalkan koment dibawah❤