Hola! Ketemu lagi ^u^ saya ingin kasih tutorial selanjutnya yaitu : membuat cover FF yang bernuansa soft.

Err.. nyebutnya FF nuansa soft atau gimana ya? :’D ya gtu deh ya. Genre nya biasanya romance, dan aku yakin rata-rata FF itu kebanyakan romance yak kan ya? Haha

Aku spesifikasikan saja ya, Cover FF yang aku jadikan tutorial ini yaitu cover FF sweet romance, kalau menurutku secara pribadi aku sering gunain warna yang terang dan terlihat cerah cover nya.

Penjelasan selanjutnya di tutorial ini, yuk simak!

Pertama kamu harus mengerti setiap tools yang ada di Photoshop😉 biar lebih mudah mengerjakan Cover FF mu.

  • Buka program Photoshop mu [kali ini aku menggunakan Photoshop CS 6, tapi jenis lain juga ga papa] klik file>new. Pilih ukuran cover yang kamu inginkan. Aku menggunakan ukuran 600x800pixel. Kemudian klik OK.
    bandicam 2015-07-06 20-28-18-367
    bandicam 2015-07-06 20-29-07-304
  • Klik File > Open untuk membuka file gambar mu.
    bandicam 2015-07-06 20-31-45-461
  • Aku menggunakan bang Xiumin EXO dan seorang ulzzang (maaf gak tau siapa namanya, bagi teman yang tau silahkan komen dibawah)
    [TIPS : jika kamu ingin gambar-gambarmu ditampilkan dalam satu tampilan, klik Window > Arrange , karena gambarku disini hanya tiga maka aku pilih 3-up stacked]
    bandicam 2015-07-06 20-38-15-508
  • Kemudian pindahkan kedua gambar cast nya ke dalam cover yang masih kosong. Biar lebih mudah, kali ini aku menyeleksi gambar dengan Eliptical Marquee Tool. Seleksi karakternya. Kemudian klik kanan lalu pilih Feather.. ubah Feather Radius nya menjadi 100 pixels atau bisa 50 pixels sesuai selera, then OK.
    bandicam 2015-07-06 20-55-54-945 bandicam 2015-07-06 20-56-52-620 bandicam 2015-07-06 20-58-07-699bandicam 2015-07-06 20-59-00-277
  • Pindahkan seleksian itu dengan move tool (V) dan drag / letakkan sesuai keinginan pada cover mu.
    [TIPS : untuk mengubah ukuran gambar bisa gunakan Ctrl T ]
    bandicam 2015-07-06 21-07-41-477
  • Nah, aku meletakkannya seperti ini. Kamu dapat lihat kalau foto Xiumin hampir tertutup dengan foto si eneng, juga gambar Xiumin oppa tidak terlihat alami alias masih ada garis-garis yang masih terlihat, maka Hapus saja bagian yang menganggu dengan eraser. Untuk menampilkan pengaturannya klik kanan.
    [TIPS : untuk terlihat lembut penghapusannya pada bagian atas ubah opacity dan flow nya, terserah berapa % , itu sesuai keinginan kamu. Juga gunakan soft eraser untuk mendukung penghapusan yang bagus]
    bandicam 2015-07-06 21-12-09-634
  • Seperti inilah hasil akhir peletakan yang sudah fix :v
    bandicam 2015-07-06 21-14-36-932

Kita lanjut ke bagian hiasan, tentukan hal apa yang sepertinya berkaitan dengan ff mu sehingga wajar jika dimasukkan kedalam cover ff mu. Bisa rumah, pohon, bunga, kertas atau apapun itu. Karena aku suka menambahkan bunga / hal hal yang berbau nature kedalam cover ff ku, juga biasanya menggunakan gambar abstrak. Well, semuanya tergantung dirimu.

Dan ini yang aku tambahkan dalam cover ff ku.

bandicam 2015-07-06 21-26-27-353

Kamu bisa gunakan lasso tool, polygonal lasso tool, atau magnetic lasso tool untuk menyeleksi , atau bisa gunakan cara yang sama dengan cara yang aku jelaskan tadi. Setelah selesai pindahkan ke cover dan atur penempatan nya semau mu, hapus bagian yang menganggu , gunakan ctrl T untuk mengubah ukuran gambar dll. . Sebagai contoh seperti ini.

bandicam 2015-07-06 21-37-44-185

Sebelumnya, kalian harus mengerti tentang layer pada Photoshop. Layer itu diibaratkan lapisan gambar, teman-teman setidaknya mengerti hal dasar tersebut, saya pengen jelasin hanya saja bahasa saya kurang bagus dan memang saya susah jelasin yang gituan😥 sorry.

Jadi intinya, pada cover saya ini, terdapat 6 layer yang sudah saya kasih judul semuanya. Nah biar memudahkan kamu yang kesusahan menghapus hiasan tadi, bisa memindahkan layer mana yang ingin ditaruh di bawah (diatas layer background) layer background merupakan layer yang terkunci yg maksudnya gak bisa di edit. Bisa dilihat pada gambar , semua hiasan saya taruh dibawah. Jika kurang paham teman-teman bisa mempraktekkan nya sendiri.

bandicam 2015-07-06 21-44-31-548

Oke lanjut sekarang bagian peletakan judul, quote, nama author, artwork dll. Jika kurang paham tentang peletakan huruf bisa lihat kesini >> tutorial typography pada Cover ff<<

Jangan lupa menaruh tulisannya diatas semua layer ya! Biar tidak terlindungi oleh layer lain.

Menjadi seperti ini.

bandicam 2015-07-06 21-57-24-607

Jika kurang menarik, bisa tambahkan hiasan lainnya, biasanya aku gunain garis-garis. Menggunakan rectangle tool.

[Tips : biar terlilhat tipis, ubah opacity dan flow pada layer nya]

bandicam 2015-07-06 22-01-40-659

Bagian terakhir yaitu pewarnaan. Pertama kamu bisa menentukan warna apa yang jadi nuansa dalam cover mu, misalnya pink, hijau, biru dll. Jika kamu sudah terbiasa membuat psd colouring sendiri kamu bisa mengaturnya semaumu, atau yang belum tau silahkan kesini >>membuat psd colouring<< jika berminat hehe. Tapi jika kamu tidak mau menggunakan psd colouring / tanpa pewarnaan. Bagian ini bisa kamu tinggalkan . psd colouring bisa di download di DeviantArt (cari di google) keywords: PSD colouring.

Kali ini dan lagi lagi aku menggunakan psd colouring lama buatanku karena ga sempat bikin yang baru TuT yaitu light chocho. >>here<<

Untuk memindahkan klik kanan pada layer group , lalu pilih duplicate group.. ubah document nya ke untitled-1 atau cover mu tadi. Lalu OK

bandicam 2015-07-06 22-13-04-398

bandicam 2015-07-06 22-15-35-759

Hasil akhirnya.

bandicam 2015-07-06 22-16-05-648

Kemudian klik kanan pada layer Background lalu pilih flatten image.

Setelahnya, klik file > save ubah formatnya menjadi JPEG.

bandicam 2015-07-06 22-16-47-479

Hasil akhir :

safer

NOTE : awalnya aku gak sengaja buat layer dengan size kecil dan pas selesai buat ini tutorial baru sadar itu ukurannya kecil -__- aaahh maaf banget. jadi hasil akhir yang ini hasil remake dengan kualitas gambar yang pecah-pecah. hiks Efek ngantuk ;–; mohon maaf

bagi yang kurang faham silahkan tinggalkan komen dibawah~

mohon maaf bila ada kesalahan dalam artikel ini :’))

Terimakasih telah membaca sampai akhir :’3